Senin, 21 September 2015

SSG Daarut Tauhid Angkatan 30

#CurrentLife
#FeelinglikewritinginBahasa

Belum selesai menulis tentang traveling ke Vietnam, sekarang mau nulis yang baru lagi, gapapa lah ya, blog saya sendiri ini, ga ada yang baca juga, hahahaha #zad.

SSG Daarut Tauhid? Apa sih tuh Cu?

Gue kutip dari webnya ya:

"Program pesantren sabtu dan ahad yang diberi nama "Santri Siap Guna" (SSG) merupakan rangkaian kegiatan selama 3 bulan pelatihan yang mempelajari wawasan dasar keislaman disertai pembentukan karakter menuju pribadi berkarakter. Dengan berlatih selama 3 bulan, diharapkan para santri menuju pribadi berkarakter. Dengan berlatih selama 3 bulan, diharapkan para santri memiliki karakter Baik dan Kuat (BAKU). Karakter Baku tersebut adalah ikhlas, jujur, tawadhu, berani, disiplin, tangguh, serta mengenali diri dan Rabb-Nya"


Cu serius maneh ikut gituan?!?!

Ngga, cuma iseng. Iseng yang Inshaa Allah bermanfaat. Hehehehe.
Jadi gini, awalnya gue punya musuh namanya Vianur, gadeng, dia sahabat gue banget.
Si Vianur ini curhat soal kerjaannya, singkat cerita, dia pengen coba kerjaan yang lebih berkah dunia akhirat, solatnya bisa tepat waktu, dll. Dia minta gue tanyain ke DT gimana caranya mau apply kerja di DT/MQ.
Gue kesana dan nanya, kalo diluar dari santri DT syaratnya harus punya sertifikat SSG alias Santri Siap Guna, ga bisa asal apply. Mau punya sertifikat sebagus apapun kalo ga ada sertifikat SSG ga bisa apply. Jadi yaudah deh gue tanya SSG itu apa, kapan dsb.

Singkatnya SSG itu kaya pesantren kilat selama 3 bulan, dan cuma weekend kegiatannya. Sabtu ba'da ashar sampai minggu ba'da ashar, menginap di DT.

Gue mikir ah seru juga nih, bisa bermanfaat weekend gue (selain itu gue juga lagi program tobat, minta diampunin semua dosa besar gue di masa lalu), jadi aja deh gue mau ikutan SSG juga. Gue ga ngincer sertifikatnya, karena kalo mau dilantik dan dapet sertifikat itu harus 90% kehadirannya, sedangkan gue tiap bulan mau balik ke bekasi jadi pasti absen deh. Yang gue incer, weekend gue Inshaa Allah bermanfaat dan sehat. Daripada buang duit pas weekend, mending ikut ini, bonusnya dicintai Allah lagi kan hehehe Inshaa Allah.

That's all. Jadi sekarang gue dan Vianur jadi santri kilatnya Daarut Tauhid.
Kita resmi ikutan SSG angkatan 30.
Doain ya semoga istiqomah sampe akhir, pelantikannya November nanti.


Kabarnya dulu angkatan 29, yang daftar bisa sampe 600an, yang sampe akhir cuma 100an..
Pas angkatan gue, yang dateng awal sekitar 350an, yang sampe lulus nanti? Allahualam.

Ps; baru minggu ke 3 aja yang mengundurkan diri udah belasan :--( semoga gue dan Vianur kelar sampe akhirrr Aminn Ya Allah.

Kenapa sih Cu bisa sampe banyak yang ngundurin diri?

Jadi ya shob, kegiatannya itu selain kajian fiqih, akhlak, ngaji, dengerin tausiah, solat jamaah bareng, solat sunah tahajud dhuha, itikaf, ada juga latian FISIKNYA.

Tujuan SSG itu membangun karakter BaKu, Baik dan Kuat.
Baik disini akhlaknya, Kuat disini ya fisiknya.
Karena kata AA Gym, baik aja kalo lemah ga bisa, kuat tapi ga baik juga ga bisa, jadi harus balance.

Nah ngapain sih emang fisiknya?

Ini tuh kaya basic diklat, semuanya diatur, baris, makan, tidur, semuanya diatur dan harus disiplin. Lari sana sini, kalo ngelanggar ada push up dll. Bakalan banyak aktifitas yang butuh lari atau long march, abis long march juga ada lagi latian lainnya. Jadi bener bener latian jasmani rohani. bagi yang gakuat dan ngerasa capek dan ngerasa latian ini ga bermanfaat, bisa keluar. Ya itu buktinya, baru 3 minggu (total 12 minggu) udah ada belasan yang mengundurkan diri :(((

Bedanya latian fisik biasa sama latian fisik SSG apa?

Disini, kekuatan kita itu terletak pada keyakinan bahwa Allah akan senantiasa membantu kita dimanapun kita berada. Tiap lagi lari atau latian fisik apapun, hati ga boleh kosong, wajib diisi dzikir, berjuta kali diingetin buat selalu isi hati dengan dzikir. "Akhwat lelah? Akhwat jangan kosong hatinya, ayo diisi dengan Dzikir" selalu seperti itu. Segala aktifitas apapun selalu megingatkan kepada Nya, itu yang bikin beda :)


"Kelar diklat masih nyempetin buat foto sama adik Putri, sodara paling akrab di pleton II ❤❤ ((Muka muka item, kusem, kucel, ga mandi dari kmrn, dijemur, mainan debu, long march yg jauhnya 62546272kilometer...... Tiap weekend begini kulit bisa eksotis badan bisa kurus nih.....) Bismillah istiqomah sampe akhir!!!"

Semoga program SSG ini bisa membawa perubahan dan kebaikan buat saya pribadi, semoga perlahan bisa menggugurkan dosa dosa saya di masa lalu, semoga saya bisa makin mencintai-Nya diatas segalanya, semoga perlahan bisa menjadi semakin baik akhlaknya, mempunyai akhlakul karimah, Amin Allahumma Amin.

Catch ya later, virtual version of me!
KC.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar